Ragam Tenun Indonesia

Indonesia menyimpan ragam kekayaan budaya dalam berbagai bentuk, salah satunya kain tenun. Hampir setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Misalnya songket di Aceh memiliki corak dan warna yang gemerlap didominasi warna emas, sedangkan di Jambi didominasi motif durian pecah sampai suluran kembang dengan warna merah, hitam, dan biru.

 

Kekhasan kain tenun masing-masing daerah tidak terlepas dari warisan sejarah dan budaya yang membentuknya. Proses pembuatannya pun tak mudah, menggunakan alat khusus dan perlu ketelitian tinggi. Waktu yang dibutuhkan pun bervariasi. Beberapa kain tenun dengan motif khusus memerlukan waktu berbulan-bulan untuk diselesaikan.

 

Menarik, bukan?

 

Saksikan Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2019, 11-15 September 2019 di Balai Kartini, Jakarta untuk menemukan lebih banyak lagi ragam kain tenun Nusantara.

 

#Kriyanusa2019 #kaintenun #ulos #lurik #songket

Bagikan konten ini

Tentang Kami

Kriyanusa

Kriyanusa.id adalah pameran kerajinan terbesar yang diselenggarakan tahunan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). KriyaNusa 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 11-15 September 2019 bertempat di Balai Kartini, Jakarta

Baca Lebih Lanjut