4 Ide Seru Bisnis Kerajinan Tangan

4 Ide Seru Bisnis Kerajinan Tangan

Zaman semakin maju, bukan saatnya bagi Anda yang memiliki ide bisnis kreatif hanya berandai-andai tanpa direalisasikan. Seperti kata Walt Disney, “The way to get started is to quit talking and begin doing.”Ide bisnis yang Anda pikirkan, bisa menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Yuk, intip beberapa ide bisnis yang bisa Anda jadikan inspirasi berikut ini.


Aksesoris Handmade

Ide bisnis buatan tangan dengan modal relatif murah bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin berpenampilan fashionable. Membuat karya dalam bentuk aksesoris handmade akan mengasah kreativitas dan membantu mengembangkan ide bisnis Anda. Dengan bermodalkan internet untuk mencari referensi, serta alat dan bahan dengan harga terjangkau yang bisa Anda temui di pasar, peluang ide bisnis ini bisa Anda terapkan kapanpun.

Banyak wanita menyukai aksesoris seperti anting, gelang, kalung, dan aksesoris untuk rambut maupun hijab. Nah, ini adalah kesempatan bagus bagi Anda yang memiliki banyak segudang kreativitas. Aksesoris handmade bisa menarik perhatian jika Anda membuatnya dalam limited edition. Sesuaikan dengan tone color dan model yang target audience inginkan, apakah akan terlihat simple minimalist atau elegan. Jadi, sudah siap mengulik bahan-bahan yang Anda punya?


Kreasi Tulisan Tangan

Pernahkan terlintas dalam pikiran Anda, tulisan indah hasil tangan bisa menjadi ide bisnis yang menguntungkan? Kreasi tulisan tangan bisa diaplikasikan melalui banyak media seperti dinding, kertas putih, kanvas, cover buku, cangkir, bantal dan masih banyak lainnya. Buat Anda para pemula bisa melatih goresan tangan dengan mengikuti beberapa contoh font handwriting yang sudah banyak tersedia di internet. Selain menghasilkan ide bisnis yang unik, Anda bisa membebaskan pelanggan dalam pemilihan kalimat atau kata yang ingin mereka jadikan sebuah tulisan.

Biasanya, contoh hasil kreasi tulisan tangan yang sering dilihat adalah dekorasi dinding di kafe-kafe yang menjadi incaran anak muda sebagai tempat nongkrong. Ide bisnis kreasi tulisan tangan ini juga bisa menjadi hadiah ulangtahun, anniversary atau graduation untuk keluarga dan sahabat Anda. Kunci keberhasilan ide bisnis ini adalah kesabaran. Teknik yang sederhana, tetapi jika dilakukan dengan sabar, akan menghasilkan karya tulisan tangan yang indah. Selamat mencoba!


Kreasi Kain Flannel dan Kain Perca

Kain flannel dan kain perca sudah tidak asing bagi Anda, bukan? Bahan yang mudah dicari dengan harga terjangkau ini bisa menjadi pilihan ide bisnis Anda. Penggunaan bahan kain flannel dan perca bisa menghasilkan banyak kreasi unik dan lucu karena memiliki banyak variasi warna yang cocok untuk semua umur. Biasanya, kreasi kain flannel dan kain perca digunakan untuk sarung bantal pada sofa, sarung galon air mineral, tempat tissue, gorden, penghias perabotan rumah tangga, aksesoris peralatan sekolah untuk anak dan masih banyak lainnya.

Ide bisnis satu ini memang sudah banyak dilakukan oleh sebagian masyarakat Indonesia, namun masih memiliki peluang yang baik jika produk Anda memiliki ciri khas tersendiri. Kain flannel dan kain perca memang memiliki tesktur bahan yang berbeda, tetapi bisa Anda kombinasikan untuk menghasilkan kreasi baru agar diminati banyak orang. 


Kreasi Unik Berbahan Kayu

Bahan apapun bisa Anda kreasikan menjadi sebuah ide bisnis, salah satunya adalah kayu. Limbah palet kayu yang biasa digunakan untuk menaruh tumpukan barang di supermarket ternyata bisa Anda ubah menjadi cantik dan berfungsi untuk aksesoris rumah. Selain mudah dipindahkan, warna serta bentuknya juga dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. Beberapa contoh hasil palet kayu yang bisa Anda kembangkan adalah meja belajar, rak sepatu, gantungan baju dan rak bunga. Manfaatkan limbah bahan kayu untuk membuat kreasi unik untuk hiasan dinding, pajangan dengan bentuk yang lucu.

 

Sumber: dbs.com

Bagikan konten ini

Tentang Kami

Kriyanusa

Kriyanusa.id adalah pameran kerajinan terbesar yang diselenggarakan tahunan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). KriyaNusa 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 11-15 September 2019 bertempat di Balai Kartini, Jakarta

Baca Lebih Lanjut